Senin, 20 Maret 2017

GAK PERNAH DIRESPON DI GRUP? KLO NANYA CUMA BANYAK YG NGE-READ TAPI GAK ADA YG BALES? BISA JADI GRUP LO NOT RESPONDING GARA-GARA BYSTANDER EFFECT

Sebenernya ini merupakan tulisan gue di Line. Tapi gak ada salahnya lah ya gue share di blog gue ini biar gak terlalu berdebu hahaha

Pernah gak si lo ngalamin kasus kek gini, nanya atau ngasih tau info di grup eh cuma di read doang? Mungkin sebagian besar dari lo pernah bahkan sering ngalamin yang namanya “cuma di read”. Hahaha yang sabar men

LOH KOK LO NGETAWAIN GUA??

Ehh eh gak gitu boss

HALAH BACOT LU

Eh seriusan gue ketawa karena kita senasib bro hikss *ketawa miris*

Oke lanjut. Nah fenomena yang sering terjadi di media sosial adalah Group Not Responding Effect. Kenapa sii kok bisa gitu? Ternyata ini udah dibahas loh oleh ahli Psychology, Dr. Philip Zimbardo dalam istilah Bystander Effect


Tapi sebelum kita masuk ke kasus grup, bystander effect juga terjadi di kehidupan sehari-hari. Sebenernya apa sii itu Bystander Effect? Gampangnya adalah efek dimana ketika lo ngerasa pengen ngelakuin sesuatu tapi ngelihat disekeliling lo gak ada yang ngelakuin maka lo mengurungkan niat untuk melakukan sesuatu. Gue kasih contoh misalnya gue dateng ke acara nikahan mantan eh eh maksudnya acara-acara pernikahan atau acara-acara pertemuan gitu.


BIM GAK USHA BAPER WOY, GUE HAJAR NIH!!


Iye maaf bro keceplosan


Lanjut. Disitu gue ngeliat ada prasmanan dengan lauk pauknya yang super dahsyat enaknya (gue gak sebut nama makanannya karena makanan enak itu relatif buat sebagian orang). Nah terus gue tuh udah laper pengen makan tapi ngeliat prasmanan sepi gue akhirnya mikir “ah orang lain aja belom makan, kayaknya emang belom dibolehin nih”… Ehh terus ada orang sebut aja si kampret (bukan nama sebenarnya) tiba-tiba ngambil piring, ngambil nasi, terus lauk pauknya sampe selesai ngambil salad dan buah-buahnya. Terus gue liat gara-gara satu orang itu, orang yang lain akhirnya pada ikutan ngantri dan gue akhirnya juga ikutan ngantri. NAH ITU yang gue maksud Bystander Effect. Kebayang kan? Klo dalam definisi Psikologinya adalah sebagai berikut


Bystender Effect: “Fenomena psikologi dimana orang-orang mengasumsikan bahwa ADA orang lain selain mereka yang akan terlibat dalam suatu peristiwa sehingga mereka sendiri tidak melakukan hal tersebut”


Ada suatu studi yang dikerjakan oleh dua psikolog, Bibb Latané and John Darley tentang Bystender Effect ini. Dalam riset mereka, satu pelajar ditempatkan sendiri dalam suatu booth dan diberikan mic dan headphones. Sementara pelajar yang lain ditempatkan dalam booth terpisah. Kemudian mereka disuruh diskusi tentang topik tertentu. Suatu saat salah satu dari mereka mengalami kejang-kejang. Lalu apa yang terjadi? 85% pelajar itu langsung melaporkan kejadian tersebut karena mereka berfikir bahwa percakapan yang berlangsung adalah percakapan satu lawan satu. Sementara 31% berfikir bahwa akan ada orang yang bakal nolong orang itu. Studi yang lain menunjukkan bahwa orang-orang akan tetap tinggal dalam suatu ruangan jika melihat orang lain tidak melakukan apa-apa[1].

Jadi ketika lo mikir bahwa:
“ah elah ntar ada juga yang nolong”
“ah elah ntar juga ada yang ngeshare”
dan ah ah yang lain (WARNING KERAS!!! TS tidak bermaksud apa-apa. TS masih polos sepolos silet), maka  lo udah terkena efek tersebut


Balik ke kasus kita dalam suatu grup, misalnya ada suatu info atau bahkan ada yang nanya biasanya lo liat bahwa tulisan Read by nya udah bejibun angkanya tapi tetep chat terakhir di grup ya cuma chat elo. Nah ini udah masuk Bsytander Effect. Mungkin lo dan gue juga sebenernya pernah mikir bahwa bakal ada orang yang mau jawab pertanyaan yang di grup sehingga lo yang sebenernya tau jawabannya akhirnya (dalam tanda kutip) “males” untuk ngebales. Tapi sayangnya Bystander Effect ini bakal nular ke orang lain dengan pemikiran yang sama dan akhirnya chat lu berdebu hingga salah satu orang angkat bicara digrup.

TERUS BIM GIMANA DONG CARA NGILANGINNYA??

Nah untuk menghilangkan kecenderungan Bystender Effect itu adalah melatih kebiasaan baik untuk ikut terlibat mengambil keputusan, mengambil tanggung jawab, baik langsung maupun tidak langsung, baik lo yang punya wewenang ataupun kagak secara sadar, secara sukarela dari diri lo sendiri.

Misalnya klo emang suatu grup sepi atau suatu kelompok itu diem-diem aja pas ngumpul, lo harus yang PERTAMA menjadi pembuka atau seenggaknya penggerak. Misalnya digrup ada yang nanya, lo yang TAU JAWABANNYA langsung segera menjawab apapun jawabannya. Syukur-syukur klo jawaban lo bener dan berfaedah, klo enggak ya ini buat ajang latihan lo ikut terlibat langsung tanpa MENGASUMSIKAN orang lain akan melakukan hal yang sama nantinya.

Kemudian misalkan lo ada di tempat umum dan melihat ada nya keanehan dimana orang-orang pada diem cuek gitu aja sementara lo berfikir bahwa ITULAH JAWABANNYA, maka segera dari situ lo harus MEMBERIKAN JAWABANNYA dari diri lo sebagai contoh lo ngeliat orang-orang kayak nungguin sesuatu misalnya pintu keluar yang ketutup, nah lo harus menganalisis masalah itu misalnya dengan ngecek pintu keluar apakah bisa dibuka atau tidak, mengecek petugasnya, dan lain sebagainya.

Terakhir adalah dalam kerja Tim untuk menyelesaikan suatu proyek, cara menghindari Bystander Effect dalam kerja tim, lo bisa langsung tanyai langsung secara personal ketimbang nanya didalam kelompok.

Intinya gimana lo gak usah mikir bahwa orang lain selain diri lo bakal ikut gerak hal yang sama, GAK USAH!! DIMANA LO MAMPU, DISITU LO LAKUIN. GAK USAH NUNGGU ORANG LAIN GERAK. Itu!
Nah sebelum penutup gue mau kasih tantangan buat lo yang baca tulisan ini
Tantangan 1: Jadi 3 orang yang pertama respon apapun share-share an info, atau pertanyaan yang masuk ke grup lo
Tantangan 2: Jadi orang pertama yang gerak di tempat umum. Mungkin dengan banyak bertanya dan tidak pasif hanya duduk menunggu sesuatu yang tidak jelas. Klo udah jelas sii gapapa.

Jadi itulah seperti itulah. Misalnya ada yang nanya ke gue
OKE BIM TEORI LU BAGUS, EMANG LO SENDIRI UDAH KEK GITU?
Jawabannya……………





Senyumin ajalah ya dulu WAKAKAK
Ya gue sendiri termasuk Bystander Effect akut stadium Bung Karno, eh maksdnya Stadium 4
Okay, overall lo dapet lah ya gambarannya. Oh ya gue ada video singkat tentang Bystander Effect




===================================

Reference
[1] https://curiosity.com/topics/the-bystander-effect-makes-you-less-likely-to-act-when-others-are-there-curiosity/ [Accessed on March 19, 2017]

[Disclaimer: For the rest is Myself opinion. I’m sorry if my opinion contain some pro-cons percepective. If you dislike, you can give me some correct or anything to improve my thinking. Thank you]

Untuk kritik, saran, dan komentar bisa dikasih kolom komen ya

IG: proffbimantara

Senin, 25 Juli 2016

Gunung Andong, Gunung buat Pemula tapi Kesan yang bakal didapet Gokil Abis

Haii bisa balik lagi ngepost artikel, tapi belom berupa artikel riset nih, kapan-kapan deh ya. Sekarang gue mau cerita tentang pengalaman gue mendaki gunung dan pas banget gue pergi nya ke gunung Andong, gunung yang cocok buat lo yang sebelumya belom pernah mendaki gunung karena dengan ketinggian 1726 mdpl sehingga tidak begitu berat dan bisa ditempuh naik-turun dalam sehari loh.

Gunung Andong terletak di Magelang, Jawa Tengah, lebih tepatnya gue gak tau pasti, tapi basecamp gue ada di daerah kudusan, jadi ya lebih spesifik tempatnya dikudusan. Tau gak? Gue yang pertam kali mendaki gunung dikasih jalur yang paling hard, susaaaahh. Yaitu jalur ke 6 alias terakhir yang berada di kudusan, namanya juga basecamp kudusan wkwkwk. Ada 6 jalur yang semuanya gue gak apal, yang gue tau desa sawit (ini udah terkenal banget karena jalurnya gampang dan menembus hutan pinus yang superrr indah), kampung pandem, kampung gogik, dan sisanya gue gak hafal, padahal waktu itu gue ngobrol bareng penduduk setempat tapi malah gk dicatet jalur2nya, kan lumayan buat lo yang pengen mendaki bisa dapet referensi jalur, yang jelas katanya jalur 6 ini lah yang paling berat karena baru aja dibuka. Gue nyampe basecamp ini sekitar jam 4 sore. Gue dari jogja untuk mencapai basecamp perlu waktu 2 jam setengah dengan kecepatan rata2 60 km/jam, kalo lo suka ngebut sampe 100 km/jam, mungkin bisa ditempuh 1 jam haha. Cuaca di daerah Jawa Tengah masih perpanjangan dari la nina, maksudnya harusnya udah musim kemarau tapi masih sering hujan setiap waktu tertentu, untuk di Jawa Tengah biasanya mulai dari sore udah mendung dan hujan ketika menjelang malam.

Kamis, 23 Juni 2016

Apaansi artinya Mahasiswa??

Halo.. Gue disini mau cerita sedikit nih, celoteh-celoteh gak jelas dan ngalor ngidul hahaha... Gimana mau denger?? Silahkan baca
Jadi gini ceritanya, gue pikir lo yang baca tulisan gue ini rata-rata mahasiswa baru dan mahasiswa yang masuk semester 3. Karena emang tulisan gue ini ditujukan kepada mereka. Menurut gue yang udah ngerasain menjadi mahasiswa satu tahun, ada yang perlu kalian tahu bahwa menjadi mahasiswa itu ez (baca: easy). Menjadi mahasiswa itu bukan berarti apa-apa sendiri, tapi menjadi mahasiswa itu adalah menjadi siswa atau bahasa kerennya pelajar yang mempunyai pola pikir yang oke, menentukan keputusuan bukan dengan emosi maupun ego sendiri melainkan menggunakan proses berfikir yang logis, sistematis, dan bener. Mahasiswa itu bukan berarti orang yang hidup sendiri, tapi mahasiswa itu hidup bersama dalam satu diri. Maksud gue, lo harus jadi diri lo sendiri dalam pergaulan yang luas. Menjadi diri lo sendiri amat penting menurut gue karena itu akan menunjukkan identitas lo dan karakter lo yang membuat lo gak akan dibawa kemana-mana oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mahasiswa itu bukan berarti belajar serba sendiri, tapi belajar dari orang - orang diatas lu. Orang-orang yang lebih berpengalaman dalam bidang tertentu yang lo sukai. Tapi bukan berarti belajarnya barengan terus, kalian pasti perlu waktu sendiri untuk merenung, berfikir jernih, dan memutuskan tindakan. Jangan mau disetir orang apalagi harus belajar karena tekanan orang. Mahasiswa itu bukan berarti masa-masa stress berat. Tapi mahasiswa itu merupakan masa-masa kreatif yang bisa lo gunakan untuk memanipulasi beban tugas dengan kreatif, menyenangkan, asyik, and have fun for all assignment given to you.

Selasa, 04 Agustus 2015

Nih Pendapat Gue sebagai Mahasiswa Teknik tentang "Mahasiswa Teknik sebagai Penggerak Bangsa"



Mahasiswa merupakan agent of change, iron stock, dan pastinya merupakan generasi penerus bangsa. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kemajuan umat. Kenapa? Karena dalam status mahasiswa, pola pikir dan mentalitas sudah mulai mateng. Dengan pola pikir dan mental yang cukup matang maka mahasiswa dapat memilah yang baik dan benar serta sudah dapat mempunyai rasa peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga punya dorongan untuk ikut ambil dalam keberlangsungan hidup sesama. Mahasiswa adalah status yang disandang oleh seseorang karena hubungannya dengan perguruan tinggi yang diharapkan menjadi calon-calon intelektual.

Kamis, 23 Juli 2015

Tanpa bimbel pun, Gua Bisa Tembus UGM dalam SBMPTN 2015 berkat Zenius.net!!


Hallo gaizz, akhirnya setelah seminggu di kampung (mudik ceritanya nih gua wkwk) gua bisa lanjutin nulis blog lagi. Dalam tulisan kali ini gua akan bercerita gimana serunya gua mempersiapkan SBMPTN bareng ZENIUS.NET hingga akhirnya gua bisa tembus Teknik Fisika UGM.
Bukti Lulus SBMPTN

 Awal ceritanya gua mulai ngelirik SBMPTN itu pas gua lagi baca-baca artikelnya sabda di zenius blog sekitar bulan Oktober 2014. Terus ketemu satu artikel yang keren banget. Bikin gua penasaran bacanya, abis judulnya juga bikin penasaran, SBMPTN as a Foundation for Life-long Intellectual Development (namanya juga pelajar pengen dapet nilai bagus, ngeliat ada kata-kata "Intellectual Development", yaa langsung hajar ke TKP wkwkwk). Waktu itu gua belom tau banget tentang SBMPTN.

Rabu, 31 Desember 2014

Kemampuan ZENIUS.NET Ngerubah Gue Jadi "Power Ranger"



Halloooo, Nama gua Bimantara Hanumpraja, gua siswa SMA kelas XII di Tangerang. Berhubung zenius.net lagi pengen tau dampak zenius terhadap prestasi dan cara pandang pemakainya melalui tulisan/artikel blog maupun video-videonya, hari ini sekalian ngisi liburan gua, gua mau ngasih tulisan gua yang berhubungan dengan tema tersebut.

Woke dah, siap siap yaaa… Gua akan ngasih pengalaman gua berzeniusnet dari awal sampe sekaraaaaanaanggg…. Dan berikut ini adalah ceritanyaaa….jeng jeng jeng jeeeeeeennnngggg….

Dulu sebelum gua pake zenius, gua kuat banget dalam menghafal. Saking kuatnya, gua disuruh jadi tutor buat temen-temen gua test hafalan (asdos lah istilahnya wkwk). Waktu itu gua kelas X. Pas zaman-zaman itu pola belajar gua masih seperti anak-anak sma kebanyakan, menghafal. Pas mau ulangan pun gua menghafal. Lumayan lah dapet nilai bagus. Dulu mah gua masih ngincer yang namanya nilai,

Minggu, 17 November 2013

Tips Mudah Mengentengkan Browser Firefox anda dengan Memory Fox

Anda pasti sudah tahu kalau browser internet paling populer adalah Mozilla Firefox. Ya, kemudahan serta kenyamanan yang ditawarkan firefox untuk browsing internet memang tiada duanya, namun sayangnya dibalik kemudahan tersebut ada satu hal yang sangat terkenal cukup mengganggu dan membuat orang jengkel yaitu penggunaan Memory. Bisa dikatakan Mozilla Firefox ini sangat boros memory dan bukan hanya itu saja, dia akan semakin memakan memory anda semakin anda lama menggunakannya apalagi dengan membuka banyak tab... bisa-bisa firefox anda akan hang lho. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini?

Ternyata ada solusi yang cukup mudah, yaitu dengan menggunakan add-ons bernama Memory Fox. Software yang satu ini bisa dibilang hebat lho karena dia akan memanajemen secara otomatis penggunaan memory dari firefox agar tidak boros. Caranya? Yaitu dengan membersihkan memory saat anda menutup tab firefox dan saat firefox anda berada dalam kondisi idle. Jadi misalkan anda membuka 5 tab sementara yang anda lihat hanya 1-2 tab, maka memory pada tab lain yang "idle" ini akan dibersihkan jadi firefox anda terasa lebih enteng.
Hmm.. menarik kan? Anda akan merasakan efeknya jika anda langsung mencoba Memory Fox ini, jadi silahkan anda Download Add-Ons Memory Fox ini melalui link dibawah :
Jangan lupa, untuk meng-"allow" penginstalan dan kemudian merestart firefox anda untuk melihat efek penggunaan memori yang sudah diatur oleh Memory Fox ini. :)
 
Sumber : SUMBER